Senin, 21 Juni 2010

Karakteristik Pengembangan Produk yang Sukses

Dari sudut pandang investor dari perushaan yang berorientasi laba, usaha pengembangan produk disebut sukses jika produk dapat diproduksi dan dijual dengan menghasilkan laba. Namun laba seringkali sulit untuk dinilai secara cepat dan langsung. Lima dimensi spesifik lainnya yang berhubungan dengan laba dan biasa digunakan untuk menilai kinerja usaha pengembangan produk yaitu :

Kualitas produk

Seberapa baik produk yang dihasilkan dari upaya pengembangan produk ? apakah produk tersebut memuaskan kebutuhan pelanggan ? apakah produk tersebut kuat (robust) dan andal ? Kualitas produk pada akhirnya akan mempengaruhi pangsa pasar dan mempengaruhi harga yang ingin dibayar oleh pelanggan untuk produk tersebut.

Biaya Produk

Apakah yang dimaksud dengan biaya manufaktur dari produk ? yaitu biaya untuk modal peralatan dan alat bantu serta biaya produksisetiap unit produk. Biaya produk menentukan berapa besar laba yang dihasilkan oleh perusahaan pada volume penjualan dan harga penjualan tertentu.

Waktu Pengembangan Produk

Seberapa cepat anggota tim menyelesaikan pengembangan produk ? Waktu pengembangan akan menentukan kemampuan perusahaan dalam berkompetisi, menunjukkan daya tabggap perusahaan terhadap perubahan teknologi, dan pada akhirnya akan menentukan kecepatan perusahaan untuk menerima pengembalian ekonomis dari usaha yang dilakukan tim pengembangan.

Biaya Pengembangan

Berapa biaya yang harus dikeluarkan perusahaan untuk mengembangkan produk ? Biaya pengembangan biasanya merupakan salah satu komponen yang penting dari investasi yang dibutuhkan untuk mencapai profit.

Kapabilitas Pengembangan

Apakah tim pengembang dan perusahaan mempunyai kemampuan lebih baik untuk mengembangkan produk dimasa depan sebagai hasil dari pengalaman yang diperoleh pada proyek pengembangan saat ini ? Kapabilitas pengembangan merupakan aset yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengembangkan produk dengan lebih efektif dan ekonomis dimasa yang akan datang.

Kinerja yang baik pada kelima dimensi diatas akan mendorong kesuksesan ekonomi produk. Namun kriteria kinerja yang lain juga penting. Kriteria-kriteria ini ditentukan oleh kecenderungan atau minat stakeholder yang ada diperusahaan ataupun masyarakat sekitarnya..


Sumber :
Perancangan dan Pengembangan Produk oleh Ulrich & Eppinger, dalam :
repository.binus.ac.id/content/D0294/D029416511.doc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar